Sakit Maag Anang Hermanysah Bisa Diobati dengan Diet Sehat

Kamis, 22 Oktober 2020 - 21:15 WIB
loading...
Sakit Maag Anang Hermanysah Bisa Diobati dengan Diet Sehat
Sakit maag kronis seperti yang diidap Anang Hermansyah bisa diobati. Perawatan akan bervariasi, tergantung pada penyebab maag. Salah satunya dengan diet sehat. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Sakit maag kronis seperti yang diidap musisi Anang Hermansyah bisa diobati. Perawatan akan bervariasi, tergantung pada penyebab maag.

Kebanyakan sakit maag dapat diobati dengan resep dokter, tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, pembedahan mungkin diperlukan. (Baca juga: Sakit Lambung, Anang Hermansyah Berhasil Jalani Operasi di Bali )

Penting untuk segera mengobati maag. Bicaralah dengan dokter untuk mendiskusikan rencana perawatan. Jika Anda memiliki tukak yang berdarah aktif, kemungkinan Anda akan dirawat di rumah sakit untuk perawatan intensif dengan obat endoskopi dan ulkus IV. Anda mungkin juga memerlukan transfusi darah.

Meskipun makanan yang Anda makan tidak akan menyebabkan atau menyembuhkan sakit maag, namun makan makanan yang sehat dapat bermanfaat bagi saluran usus dan kesehatan secara keseluruhan. Secara umum, mengonsumsi banyak buah, sayuran, dan serat merupakan pilihan yang baik.

Ada kemungkinan beberapa makanan berperan dalam menghilangkan bakteri H. pylori, bakteri yang menyebabkan sakit maag. Adapun makanan tersebut meliputi brokoli, kembang kol, kubis, dan lobak, sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kangkung, makanan kaya probiotik, seperti sauerkraut, miso, kombucha, yogurt (terutama dengan lactobacillus dan Sacharomyces), apel, blueberry, raspberry, stroberi, dan blackberry serta minyak zaitun.

Dilansir Health Line, penderita sakit maag mungkin disertai penyakit refluks asam, ada baiknya untuk menjauhi makanan pedas dan asam saat tukak sedang dalam penyembuhan.

Selain makan makanan sehat, ada obat rumahan yang dapat membantu mengurangi efek H. pylori. Namun, suplemen ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan obat resep atau perawatan. Pengobatan tersebut di antaranya probiotik, madu dan glutamin (sumber makanan termasuk ayam, ikan, telur, bayam, dan kubis).

Musisi Anang Hermansyah dikabarkan baru saja menjalani operasi di salah satu rumah sakit di Bali karena mengidap pengakit lambung kronis. Dalam unggahan video di Instagram Story, suami Ashanty itu mengungkapkan bahwa operasi berjalan lancar dan saat ini, dia harus menjalani perawatan intensif.

"Guys ini aku masih nggliyeng (pusing) habis operasi guys, Bali the best bukan hanya pemandangan yang indah masyarakat enak dan religious tapi dokter dokternya gila top banget, proses operasi gak berasa apa apa dan sudah selesai tinggal liat hasilnya mudah mudahan hasilnya bagus doakan guys Bali top,” kata Anang dalam unggahan tersebut.

Sebelumnya, Ashanty mengungkapkan bahwa penyakit suaminya ini disebabkan karena maag. Akibatnya, Anang harus menjalani endoskopi lambung atau operasi kecil. (Baca juga: Fast and Furious Akhiri Cerita di Film ke-10 dan 11 )

"Kena maag, dan paling parah adalah kakinya sakit. Tapi kan lucu kita ngecek sakitnya tapi yang parah kronis itu lambungnya jadi mungkin harus diendoskopi, operasi kecil," jelas Ashanty dalam channel YouTube The Hermansyah A6.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3385 seconds (0.1#10.140)